Selamat datang di Website GPdI Penuaian Srigunting - Medan Tuhan Yesus Memberkati,

Saturday, April 18, 2015

Warta Jemaat Minggu, 19 April 2015

KESEMPATAN YANG TERTINGGAL

Kesempatan boleh diartikan dengan waktu, atau ruang antara waktu ke waktu berikutnya. Akan tetapi dalam pekerjaan Tuhan tidak diartikan sesempit itu. Karena kesempatan dalam melayani Tuhan adalah suatu peluang yang ada untuk melakukan kehendak Tuhan bagi mereka yang tinggal diluar Tuhan. Maka tidak jarang kita dengar perkataan dari hamba-hamba Tuhan bahwa pergunakanlah kesempatan atau waktu yang masih ada. Karena waktu dan kesempatan tidak akan datang dua kali bahkan waktu dan kesempatanpun akan segera berakhir kalau tidak disikapi dengan cepat dan tanggap. Dalam II Petrus 3:15a berkata : “Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat”. Banyak orang menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang ada, kenapa tidak……? Seseorang bisa berjam-jam ngobrol kepada teman, kerabat, tetangga, tetapi tidak sepatah katapun bersaksi tentang keselamatan atau tentang perbuatan Tuhan Yesus yang ajaib, malah tutup mulut untuk tidak membicarakan hal itu.

Mengerjakan pekerjaan Tuhan atau pekerjaan melayani Tuhan bukanlah semata-mata dikerjakan oleh para Pendeta, atau hamba-hamba Tuhan yang telah ditahbiskan untuk itu, melainkan tugas kita semua tanpa terkecuali,
tua-muda, Pendeta atau Jemaat biasa, yang pasti semua lapisan dan golongan harus terlibat. Dalam Filipi 2:12 berkata : “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat, karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir”. Artinya bahwa siapapun kita wajib mengerjakan pekerjaan keselamatan kepada semua orang yang ada di sekitar kita bahkan di seluruh bumi. Matius 28:19-20 : “Karena itu pergilah. Jadikanlah semua bangsa muridKu dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Oleh dan sebab itu  marilah kita menggunakan kesempatan yang tertinggal walau sedikit lagi, untuk meluaskan kerajaan Allah dan pemberitaan nama Yesus kepada semua suku, bahasa, dan bagi bangsa-bangsa.


Kita harus waspadai dengan isu-isu atau pengajaran-pengajaran sesat yang sedang berkembang dewasa ini yang seolah-olah rohani tetapi menghanyutkan, untuk itu kita harus respektif dan antisipatif dengan berbagai angin-angin pengajaran sesat yang menyeret banyak orang di jurang maut. Salah satu yang merupakan contoh bagi kita adalah dengan sebuah semboyan bahwa : “Urusan keselamatan adalah haknya Tuhan, kalau kita cukup jadi pengikut saja”. Ungkapan ini merupakan ungkapan yang tidak mau tahu urusan keselamatan sehingga melakukan dalih dengan maksud dan tujuan tersebut di atas. Jadikanlah kesempatan yang masih tertinggal ini untuk mengisi kekosongan rohani masing-masing sehingga tercipta suasana damai dan sejahtera diantara sesama manusia. Maju terus di dalam Tuhan sampai segala sesuatu menjadi berubah.

No comments:

Post a Comment