Selamat datang di Website GPdI Penuaian Srigunting - Medan Tuhan Yesus Memberkati,

Saturday, February 28, 2015

Warta Jemaat Minggu, 01 Maret 2015

PERCAYA DENGAN SESUNGGUHNYA


Percaya dalam Alkitab adalah suatu keputusan final yang tidak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun, apalagi percaya yang dimaksud bukan kepada manusia melainkan kepada Tuhan Yesus. Seseorang dikatakan percaya apabila seseorang tersebut tidak gampang terombang-ambing apabila datangnya cobaan ataupun ujian dalam hidupnya, akan tetapi ia menaruh seluruh hidupnya hanya di dalam tangan Tuhan. Dalam hal ini kita harus mengingat kembali firman Tuhan yang berkata : “Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulisnya, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang kukatakan”. Yohanes 5:47. Percaya itu adalah memiliki rasa keyakinan penuh tanpa melihat terlebih dahulu. Barangkali kita mulai bertanya dan berkata : “Darimana sebenarnya iman dan percaya itu timbul …. ?” Sebenarnya gampang dan tidak sulit, kenapa … ? Alkitab menjelaskan dalam Roma 10:17 berkata “Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Tuhan”.

Cukup jelas bahwa apabila kita sering mendengar firman Tuhan, maka percaya kitapun semakin bertumbuh, tetapi sebaliknya apabila kita kurang
dan jarang mendengar firman Tuhan, maka iman percaya kitapun semakin jauh dari yang diharapkan. Jangankan tidak mendengar, sedangkan mendengar saja kita harus hati-hati dan menyelidikinya dengan baik supaya kita jangan terseret oleh arus sebagaimana Ibrani 2:1 telah menjelaskan. Sebagian orang ketika mendengar firman Tuhan, ia dikuatkan, tetapi ketika datangnya pencobaan iman percayanya menjadi punah, seolah-olah tidak berdaya lagi, dan hal itu terjadi oleh karena kita tidak memandang bahwa Tuhan sanggup menyelesaikan persoalan apapun yang terjadi dalam setiap kehidupan kita masing-masing. Itu sebabnya kita butuh firman Tuhan setiap waktu guna menjadikan kita lebih kuat dan lebih fokus ke arah Dia yaitu Kristus Yesus. Jadilah kuat dan jangan khawatir, karena Allah mendengarkan seruan orang yang senantiasa berharap kepadaNya.

Baca firman Tuhan dan mendengar firman Tuhan adalah menjadi senjata dalam menghadapi segala macam persoalan tanpa memakai akal dan pikiran sendiri. Dalam Yeremia 17:5 berkata “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatan sendiri dan yang hatinya menjauh daripada Tuhan”.

                Kita tidak boleh lari atau menjauh dari Tuhan, karena hanya Dialah kita dapatkan jalan dan kekuatan yang besar. Tidak jarang kita melihat dan mendengar seseorang menjadi jatuh oleh karena disampign tidak mengandalkan Tuhan, iapun terlalu sedikit membaca dan mendengar firman Tuhan yang akhirnya menyeretnya dalam berbagai-bagai pencobaan yang silih berganti dalam hidupnya. Oleh dan sebab itu marilah kita jangan jemu-jemu belajar dan mendengar Firman Tuhan karena hanya melalui itulah kita dapat menang. Amen !!!

No comments:

Post a Comment