Selamat datang di Website GPdI Penuaian Srigunting - Medan Tuhan Yesus Memberkati,

Wednesday, January 7, 2015

Warta Jemaat Minggu, 09 November 2014

PERGUMULAN ADALAH AWAL KEMENANGAN


Dapat dipastikan bahwa setiap insan yang hidup pasti mengalami pergumulan. Akan tetapi lewat pergumulan itu pula membuat manusia datang lebih dekat kepada Tuhan, sehingga kita banyak mendengar kesaksian bahwa seseorang menjadi menang atau menerima jawaban doa melalui pergumulan yang dilaluinya. Karena setiap yang hidup pasti bergumul, artinya bahwa selagi manusia masih hidup maka dipastikan ia akan bergumul, baik soal hidup yang sekarang ini maupun persoalan hidup yang akan datang. Tetapi lewat  pergumulan itu juga kita dapat mengetahui apakah kita menang atau kita kalah. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap orang yang mengandalkan Tuhan dalam hidupnya pasti menang dalam menghadapi segala situasi, karena alkitab menjelaskan dalam Keluaran 14:14 “Tuhan akan berperan untuk kamu, dan kamu akan diam saja”. Hal ini membuktikan bahwa Tuhan berdiri membela umatNya dalam segala pergumulan hidup.


Perlu kita ingat kembali bagaimana Yakub bergumul dengan Allah dan Yakub dinyatakan menang walaupun Allah sebenarnya bukan kalah melainkan mengalah demi menyelamatkan Yakub dan sekaligus merubah kepribadian Yakub dari seorang penipu menjadi seorang yang diberkati Tuhan, dapat kita lihat dalam Kejadian 32;22-32. Yakub diubahkan oleh Tuhan melalui pergumulannya, yang mana nama Yakub sebelumnya sebagai seorang penipu dan ketika ia bergumul melawan Allah maka namanya ditukar oleh Allah menjadi Israel yang artinya Allah menolong. Maka dengan demikian kepada kita dihimbau untuk tidak lari dari masalah dan persoalan karena hal itu tidak menyelesaikan persoalan, akan tetapi hadapilah  pergumulan itu dengan tenang sambil mengedepankan Tuhan dalam seluruh proses pergumulan tersebut, dan lihatlah pertolongan Tuhan yang segera ia berikan pada setiap orang yang mengandalkan Dia. Ingatlah “Semakin besar tantangan maka semakin besar juga kemenangan”. Dalam I Korintus 10:13 menjelaskan bahwa pencobaan-pencobaan yang kamu alami adalah pencobaan biasa yang tidak melampaui kekuatan manusia, di saat engkau dicobai Tuhan Allah mencari jalan keluar bagimu supaya engkau dapat menanggungnya.

Oleh dan sebab itu hendaknya setiap kita tidak lemah bila sedang dalam pergumulan, karena melalui pergumulan itu juga kita mendapat kemenangan dan hal-hal yang baru dalam kehidupan kita. Renungkan kembali bagaimana seseorang yang telah dikatakan Tuhan bahwa ia adalah seorang yang saleh dan barah di hadapan Tuhan yakni Ayub. Namun demikian Ayubpun harus bergumul lewat penyakit parah yang dari telapak kaki hingga di kepala dan badan Ayub habis digerogoti. Akan tetapi Ayub tidak berubah setia kepada Tuhan, sehingga Ayub dipulihkan dua kali lipat, baik harta kepemilikan maupun anak-anaknya yang semula kurang cantik menjadi tercantik di seluruh negeri pada saat itu. Maju terus di dalam Tuhan dan pantang mundur, doa saya menyertai saudara dan sampai jumpa pada warta berikutnya………… Amen

No comments:

Post a Comment